Wednesday, December 3, 2014

Jangan sampai kita KALAH !!

Bismillah..
Alhamdulillah ngumpul lagi rame2...
Diawali dengan menghayati lagu nya ust.jefry (UJ). Dari lagu itu, semua dapat point yang sama.. bahwa doa dan ikhtiar "saja" tak cukup..tapi berbaik sangka lah terhadap kehendakNya.
Seringkali kita merasa bahwa Alloh pasti mengabulkan keinginan-keinginan baik kita.. segala upaya kita kerjakan.. meringankan tangan membantu orang lain juga menadahkan tangan bermunajat padaNya..
Namun kita kadang lupa menyiapkan hati kita.. bersiap hati juga bersiap akal.. karena terkadang logika mengalahkan hati. Karena seringkali perhitungan manusiawi lebih menggema dibanding gaung dalam jiwa.
Setelah lagu..kita berlanjut ke film.
Cinta Suci Zahrana.

Bahwa sosok zahrana yang nyaris sempurna dengan  paras..pintar..dan sholihah nya, pun bisa "kalah".
Kalah karena kurang mengedukasi orangtuanya. Memberi pemahaman bahwa penilaian Alloh jauh lebih berarti daripada komentar-komentar manusia.
Kalah ketika ayahnya menawarkan seorang laki-laki yang kurang baik tuk menjadi suaminya lalu di-iya-kan. Alloh hadirkan kesulitan memilih saat itu. Membahagiakan orangtua namun diri menderita. Syukur.. sang ayah yang sholih hanya "sekedar"  bertanya.
Secara manusiawi zahrana sangat wajar.. realistis kita menyebutnya..
Namun ukuran iman melampaui standar zaman.. maka secara imani..zahrana kalah...
Padahal zahrana sholihah..
Tapi tetap bisa kalah..
Sang ayah pun tak kalah sholih..
Jua kalah dengan komentar-komentar para tetangga.
Maka menjadi pribadi sholih itu tak cukup.
Kita juga butuh penguatan eksternal yang bisa menjaga dan meguatkan kesholihan pribadi kita.
Karena itu.. berdekatan dengan pribadi sholih yang lain menjadi keharusan.
MUSLIM No. 4762
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ بُرَيْدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ جَدِّهِ عَنْ أَبِي مُوسَى عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ح و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ الْهَمْدَانِيُّ وَاللَّفْظُ لَهُ حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ عَنْ بُرَيْدٍ عَنْ أَبِي بُرْدَةَ عَنْ أَبِي مُوسَىعَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالْجَلِيسِ السَّوْءِ كَحَامِلِ الْمِسْكِ وَنَافِخِ الْكِيرِ فَحَامِلُ الْمِسْكِ إِمَّا أَنْ يُحْذِيَكَ وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيحًا طَيِّبَةً وَنَافِخُ الْكِيرِ إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيحًا خَبِيثَةً <
(MUSLIM - 4762) : Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah; Telah menceritakan kepada kami Sufyan bin 'Uyainah dari Buraid bin 'Abdullah dari Kakeknya dari Abu Musa dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam; Demikian juga diriwayatkan dari jalur lainnya, Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al A'laa Al Mahdani dan lafazh ini miliknya; Telah menceritakan kepada kami Abu Usamah dari Buraid dari Abu Burdah dari Abu Musa dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda: "Sesungguhnya perumpamaan teman dekat yang baik dan teman dekat yang buruk adalah seperti penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Seorang penjual minyak wangi terkadang mengoleskan wanginya kepada kamu dan terkadang kamu membelinya sebagian atau kamu dapat mencium semerbak harumnya minyak wangi itu. Sementara tukang pandai besi adakalanya ia membakar pakaian kamu ataupun kamu akan menciumi baunya yang tidak sedap."
Duhai Rabbi..
Yang Maha Kuasa..pemilik segala..
Yang kuasa membolak-balik hati ini..
Mohon dengan rahmatMu..
Kokohkanlah ukhuwah ini..
Jadikan kami saling mencinta hanya karenaMu..
Kumpulkanlah kami kembali bersama keluarga kami di surgaMu..
Duhai Rabbi..
Pemilik jiwa ini..
Jadikanlah kami hambaMu yang senantiasa bersegera mendekat kepadaMu..
Lembutkan hati kami agar bersemangat berlari menujuMu..
Kuatkan hati kami agar mudah menjauh dari apa-apa yang menjauhkan kami dariMu..
Duhai Rabbi ..
Yang maha pemurah..
Maha pengampun..
Mohon ampunkanlah dosa ibu-bapak kami..
Dosa guru-guru kami..
Berikanlah mereka keberkahan hidup sebagaimana mereka telah mencerahkan kami dengan ilmu dan kasih sayang nya..
Rabbi..
Engkaulah yang mengabulkan segala permohonan hamba..
Duhai rabbi...
Berilah kebaikan kepada kami..di dunia dan di akhirat.. jauhkanlah kami dari siksa api neraka.
Aamiin

No comments:

Post a Comment