Saturday, June 28, 2014

Ga akan cukup.. Sungguh..

Bismillah...
Ba'da ashar di bawah teduhnya dedaunan...
"Tuh nu... Udah mulai tumbuh pohonnya... Cakep kaan... Kalo rini mah bilangnya buat photo lebaran.. Ya rin ya? [He..]… Tapi.. Saya coba merenung... Kalo nu tanya kenapa pohon ini? [cat:yg bpk tanam itu pohon bunga yg daunnya kaya daun kenikir]. Karena murah.. Bibitnya ya dari pohonnya itu sendiri.. Tinggal saya tanam bijinya.. Alhamdulillah dah tumbuh d sepanjang pinggir selokan ini..
Trus saya merenung..
Sekarang kegiatan saya (karena dah libur sekolah) maka setiap habis pulang sholat shubuh di masjid.. Maka saya ga naik ke rumah.. Tapi langsung saya bersihkan rumput-rumput kecil yang tumbuh di sekeliling pohon ini.

Itu tiap hari saya lakukan.. Rumputnya bisa sebanyak hampir 1 serokan..
Tiap hari aja kaya gitu banyaknya.. Apalagi kalo 3 hari saya biarin terus dah keburu agak tinggi rumputnya.. Bisa penuh serokannya itu.
Tapi saya heran.. Udah tiap hari saya cabut..saya bersihkan rumput itu.. Tapi tetap "ga keuber".. Tetap banyak.. Tetap lama akhirnya waktu yang saya butuhkan tuk membersihkan dan menjaga pohon ini biar tumbuh sehat.
Kadang terpikir...
Ya Alloh...
Padahal saya itu dah menyiram pohon ini tiap hari... Saya sudah melakukan kebaikan walau "cuma" dengan menanam pohon ini...
Tapi kenapa ko masih banyaaaak aja rumputnya.
Trus ini.. Tanah di atas ini...
Tanah yang tepat berhadapan dengan rumah saya.. Itu ga tumbuh rumput...
Tapi kalo tanah kiri-kanan nya.. Rumput tumbuh subur...
Kemarin saya babat rumputnya.. Saya beraihkan bahkan sampe dibantu sampe berdua ngerjain nya... Udah bersih rumputnya.. Ternyata besoknya mulai tumbuh lagi...
Saya pikir... Kenapa...
Akhirnya saya menyimpulkan..
Ooo... Tanah yg di hadapan rumah saya ga tumbuh lagi rumputnya karena sering dipake buat parkir motor.. Sementara tanah di kiri-kanan nya ga pernah...
Karena sering dipake buat parkir motor.. Maka tanah nya padat..
Sementara tanah di kiri-kanan nya.. Masih gembur.. Maka masih ada celah-celah untuk rumput tumbuh..
Akhirnya saya putar-putar motor saya di tanah yang masih gembur tadi... Saya ulang-ulang berkali-kali sampai tanahnya padat.
Lalu apa ibrohnya?
Kalo diibaratkan.. Pohon itu adalah kebaikan-kebaikan kita.. Maka rumput-rumput kecil yang tumbuh di sekelilingnya adalah dosa-dosa kita.
Lihat banyaknya!
Maka sesungguhnya...
Jika kita membersihkan dosa-dosa kecil kita.. Itu ga akan cukup jika "hanya dihajar" dengan istighfar..sedekah...dlsb aja...
Bahkan mungkin tetap ga akan cukup jika kita membersihkan dosa-dosa kita dengan sholat..tilawah..zakat...
Maka Alloh hadirkan Ramadhan sebagai momen bersih-bersih. Di bulan ini lah kita kerja keras bebenah dan bersih-bersih ruh kita.
Di bulan ini lah kita ditempa.
Agar iman kita ajeg.. Agar iman kita "padat" hingga ga memberi celah-celah kesempatan tuk melakukan maksiat.
Harapan nya agar setelah ramadhan... Setelah iman kita "padat" oleh penempaan itu.. Maka tak kan tumbuh lagi "rumput-rumput" pengganggu "pohon kebaikan" (amal) kita.

No comments:

Post a Comment